Home > Project Management > PMBOK ( Project Management Body Of Knowledge )

PMBOK ( Project Management Body Of Knowledge )


Dari sekian pelatihan management yang pernah saya ikuti, terus terang mengikuti pelatihan Project Management adalah yang paling menantang dan prestise ( baca elit ), dimana profesi Project Manager sudah sedemikian mewabah dan menarik setiap mata professional maupun perusahaan. Pelatihan Project Management yang saya ikuti ini bukan pelatihan Project Management Biasa, tapi pelatihan PMP ( Project Management Professional ) dimana acuan standard ( baca Framework ) yang diikuti adalah PMBOK ( baca PIMBOK ) yaitu Project Management Body Of Knowledge. PMBOK adalah framework atau standard yang dibuat oleh sebuah konsorsium project manager ( PM ) yang tergabung dalam www.pmi.org yang memberikan norma, aturan, process, vocabulary, maupun best practice yang digunakan oleh PM di seluruh dunia.

Untuk mendapatkan sertifikasi atau pengakuan PMP ( Project Management Professional ) ini kita harus mengikuti Ujian dengan 200 soal dan biaya hampir $555 untuk non member. Jika menjadi member pmi.org ( biaya $154 ) maka biaya ujiannya menjadi $405. Sertifikasi bertahan selama 3 tahun dan harus diperbaharui dengan mengumpulkan PDU ( Professional Development Unit ) seperti mengajar, seminar, volunteer, menulis, dsb.

PMBOK yang digunakan waktu pelatihan adalah PMBOK 4th edition dimana terdapat 5 process group + 9 Knowledge area + 42 process yang harus dikuasai. Tahun 2013 ini muncul PMBOK 5th Edition dimana terdapat 5 process group + 10 knowledge area + 47 process yang harus dikuasai. Bagaimana pengertian Process dan Knowledge Area ini, kita harus mau tidak mau membaca buku PMBOK tersebut yang dijual dengan harga $50 di Luar negeri  ( saya tidak yakin di Indonesia menjual buku ini ) akan tetapi PDF ( softcopy ) gratis didownload asal kita menjadi member www.pmi.org .

Pada posting saya selanjutnya, akan saya jabarkan satu demi satu isi dari PMBOK tersebut secara ringkas , jelas , padat dan terang benderang seperti lampu petromax. Bagi yang belum pernah mengenal PMP ini maka harapan saya tulisan saya nanti bisa menjadi penggugah atau penambah ilmu, sedangkan bagi pembaca yang pernah mengenal PMP ini harapan saya tulisan saya nanti bisa menjadi refresher.

Advertisements
Categories: Project Management
  1. fnovento
    January 5, 2013 at 12:58 am

    Tanpa bermaksus membajak atau hacking, buku PMBOK 4th Edition jika masih ada dapat ditemukan di RapidShare dengan link berikut http://ineedfile2.com/download/18969975-pmbok-guidefourthedition-pdf

  2. dodi
    January 25, 2013 at 2:36 am

    salam kenal Pak Fendy, adaikan di pemerintahan terutama pemda dapat menjadikan PMBOK sebagai acuannya tentu project/kegiatan dipemda dapat lebih tepat sasaran tidak hanya sekedar “benar” administrasi, tetapi “lika-liku” project/kegiatan dipemda dapat tereliminasi tidak yah dengan PMBOK?

    • fnovento
      January 25, 2013 at 2:43 am

      Salam kenal juga pak dedi, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. PMBOK adalah standard atau tools yg bisa diikuti atau tidak tergantung dari kesepakatan organisasi tersebut. Dengan kata lain Proses dan Tools sudah pada tempatnya tapi People adalah tantangan terbesar! Kembali pada kesiapan People dan juga Culture organisasi apakah siap mengamini Change!

  3. elly
    April 21, 2014 at 10:37 am

    salam kenal. Apa mamfaatnya saat ini ?

  4. Hasbi
    August 12, 2016 at 4:08 am

    mas Fendy apa ada bahan pretest sblm mengikuti krususnya?

    • fnovento
      January 21, 2017 at 9:45 pm

      mas Hasbi, sementara ini belum ada tapi untuk soal latihanya banyak tersedia dalam bentuk softcopy/hardcopy di pasaran.

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: