Home > ISO 9001 > ISO 9001:2008 – Bab 1_Pengenalan

ISO 9001:2008 – Bab 1_Pengenalan


Tidak banyak buku lokal yang membahas mengenai Implementasi ISO 9001:2008, Perusahaan atau sekolah yang hendak mengimplementasikan Standard ISO tersebut harus menyewa konsultan untuk membimbing dan membuat sistem yang sesuai dengan standar tersebut yang pada akhirnya berujung pada Final Audit untuk sertifikasi. Alhasil, perencanaan biaya untuk kebutuhan ini perlu dipikirkan dengan matang sebelum memulai, katakanlah kita sebut sebagai investasi jangka panjang, maka perlu dianalisa kembali keadaan dan kebutuhan sebelum dan sesudah implementasi tersebut apakah membawa kebaikan positif bagi perusahaan atau sekolah tersebut.

Terlepas dari permasalahan diatas, maka kita perlu sepakat bahwa implementasi tersebut akan membawa kebaikan bagi perusahaan atau sekolah karena sistem yang teratur dan terkontrol akan memudahkan pihak manajemen untuk mengelolanya dengan efektfif dan efisien.  Oleh karena itu untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penulis menyusun tulisan ini dengan harapan akan menjadi panduan cepat dan mudah bagi perusahaan atau sekolah yang hendak menerapkan sistem ISO 9001:2008 tersebut.

ISO 9001:2008 dibagi dalam 8 klausa utama, untuk melihatnya silahkan klik link berikut ISO 9001-2008 QMS-Persyaratan. Di dalamnya dapat ditemukan penjelasan dari 8 klausa yang ada berikut sub standar di dalamnya. Silahkan diprint, dibaca dan dipahami terlebih dahulu untuk memberikan gambaran umum mengenai sistem ISO 9001:2008 yang ada.

Advertisements
Categories: ISO 9001
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: