Home > ISO 9001 > Audit 123

Audit 123


Audit 123 adalah istilah sederhana yang menggambarkan jenis audit yang dilakukan. Pada dasarnya pelaksanaan audit dibedakan menjadi 3 yaitu:
– 1st audit
Disebut juga internal audit, dilakukan di dalam organisasi itu sendiri. Auditornya adalah anggota dari organisasi tersebut. Audit ini sesuai dengan klausa 8.2.2.

– 2nd audit
Audit dilakukan kepada suplier sebuah organisasi untuk menguji tingkat kepuasan dan kesesuaian produk / service yang supplier berikan kepada organisasi tersebut. Auditornya bisa dari organisasi tersebut atau menggunakan external auditor. Tentu saja sebuah organisasi yg certified ISO 9001:2008 akan lebih mudah jika memiliki supplier yg certified ISO juga, akan tetapi sepenuhnya diletakkan dalam kebijakan perusahaan untuk menggunakan supplier yg certified atau tidak asalkan ada kontrol yang jelas.

– 3rd audit
Audit ini dilakukan oleh CB ( certification Board ) untuk mendapatkan pengakuan sertifikasi. Auditornya adalah external organisasi ( CB yang ditunjuk ) dan organisasi yang diaudit akan mendapatkan pengakuan apakah proses yang berjalan sesuai dengan standar ISO 9001:2008 atau tidak. Pengakuan tersebut bisa recomended/not recomended/certified.

Advertisements
Categories: ISO 9001
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: