Home > ISO 9001 > Manfaat Implementasi ISO 9001:2008

Manfaat Implementasi ISO 9001:2008


Ada pertanyaan ke saya beberapa hari lalu mengenai manfaat implementasi ISO 9001:2008 dalam sebuah institusi atau organisasi. Jawaban terhadap pertanyaan ini seringkali dijabarkan dengan luas dan banyak sehingga kadang kehilangan esensi karena daftar yang terlalu banyak malah mengaburkan makna penting.

Sebetulnya ada tiga hal penting yang bisa kita tarik dari penerapan iso 9001:2008 dalam sebuah institusi atau organisasi.

Hal pertama adalah struktur dokumentasi dengan metode piramid memberikan keuntungan dan kemudahan dalam tata kelola administratif. Dimulai dari manual mutu, policy, prosedur, work instruction sampai form semuanya diletakkan dalam kelas masing-masing sesuai dengan porsinya.

Hal kedua adalah konsep PDCA ( Plan Do Check Action ) diterapkan pada setiap proses bisnis yang ada untuk menjaga kualitas. Setiap proses yang ada akan ditinjau kualitas dan kelengkapannya sesuai dengan clausa yang ada dalam ISO 9001:2008 untuk memastikan proses berjalan dengan efektif dan efisien.

Hal ketiga yang bagi sebagian orang dianggap final dan penting adalah pengakuan dunia international atau komunitas terhadap institusi atau organisasi karena telah meraih sertifikasi ISO 9001:2008 sehingga meningkatkan daya jual atau daya saing dengan yang lain.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Advertisements
Categories: ISO 9001
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: